Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya

Posted by Ganas003 on 20.48 in ,

Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung, namun ia yaitu insan pertama yang menembus 1 juta paunsterling di jagad sepakbola Britania Raya. Kalau di Indonesia kita mengenal istilah “Manusia Satu Juta Dollar” sebagai film komedi yang diperankan oleh kelompok lawak legendaris, Warkop DKI. Cerita itu berkisah, Dono sang detektif  mempunyai kekuatan dan kemampuan spesial.


Kesan Istimewa juga disematkan kepada John Francis sebagai penggiat lapangan hijau. Bermain di posisi striker tentu saja mencetak gol menjadi kiprah utama yang harus dibopongnya. Dan hal itu bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk dilakukan, John Francis merupakan orang yang istimewa alasannya yaitu sanggup memenuhi satu stadion apabila dirinya bermain. Sepanjang sejarah sepakbola Inggris di kurun 70 dan 80-an nampaknya tak ada yang layak untuk memperlihatkan patokan harga lebih dari 1 juta paun selain kepada dirinya.


Menjadi Mesin Gol Sejak Dini, Membuatkan Panen Kagum Dan Atensi


Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya


Semasa kecil dirinya sudah mengambarkan sebagai pemain yang berbakata dengan mengoleksi 15 gol dari 15 kali penampilan bersama Birmingham. Padahal dari segi postur ia normal menyerupai beberapa pemain di ketika itu, tidak ada yang membedakan secara fisik kenapa ia sanggup tampil ganas apabila melihat jala lawan. Saat usia belum mencapai 17 tahun, BBC pernah memberitakan diri-nya dengan judul “Trevor tidak mencetak gol hari ini” di tahun 1970. Lantaran John Francis yang memang tidak pernah mangkir untuk mencetak gol di setiap laga.


Bahkan tidak ada perlakuan istimewa yang diberikan Birmingham kepada John Francis, alasannya yaitu setiap pemain muda di klub tersebut masih dibebankan kiprah untuk menyapu tribun dan mencuci sepatu. Dan tentu saja, hal itu sudah mustahil lagi didapatkan oleh pemain muda di kurun sekarang, apalagi sekelas pemain yang digadang-gadang menjadi bintang menyerupai Martin Odegaard dan Allen Halilovic.


Kala Bersinar Di Setiap Musim, Tim Kasta Tertinggi Coba Jajal John Francis Beberapa Musim


Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya


Setelah berkutat di Liga kasta kedua di Inggris selama 8 setengah tahun bersama Birmingham. Akhirnya John tetapkan untuk pindah guna memulai petualangan gres sekaligus kawasan menempa diri sebagai striker sejati. Apalagi jikalau bukan berada di kasta tertinggi di Liga Inggris dengan persaingan yang sangat kompetitif.


Tepat pada tahun 1979 di bulan Februari ia resmi hijrah ke Nottingham Forest. Sebagai pemain yang digadang-gadang bakal menjadi bintang tentu menyerupai sebuah tekanan. Tetapi tekanan tersebut harusnya sanggup ditangani bukan oleh John sendiri tetapi juga instruktur Nottingham Forest kala itu, Brian Clough. Namun kepiawannya guna memoles pemain bintang supaya semakin matang tidak sanggup berjalan. Lantaran talenta yang terpendam tidak sanggup dimaksimalkan.


Naas Bagi Birmingham Kala Ditinggal Sang Pemain Bintang


Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya


Kala membela Birmingham dalam dua demam isu pertamanya, penampilan John memikat ribuan pasang mata. Hal ini sanggup diamini alasannya yaitu nyaris 50 ribu penonton per pertandingan yang lebih banyak didominasi menyaksikan setiap Francis tampil bermain. Karena ada jaminan besar di setiap penampilannya ia kerap mencetak gol. Namun sesudah pindah ke Nottingham Forest, sampai hanya seperempat saja dari jumlah biasanya. Sehingga Birmingham tidak hanya kehilangan anak emasnya, tetapi lumbung gol dan lumbung duit bagi timnya sendiri.


Nilai Transfer yang Tidak Terlalu Dibuka Agar John Francis Tak Besar Kepala


Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya


 


Senilai 1,18 juta Paunsterling menjadi rekor transfer yang didapat oleh John sampai membawa namanya sebagai pemain pertama yang dihargai 1 juta paunsterling di Inggris. Selain rekor, nama seorang John Francis pun naik karena dirinya bersinar di divisi kedua tiba-tiba diangkut ke tim juara bertahan divisi pertama di Inggris ketika itu.


Namun instruktur Brian Clough memang sengaja tak ingin terbuka soal nilai transfer tersebut kepada publik. Lantaran takut hal tersebut malah menjadi boomerang kepada John sampai menggangu performanya. Maka setiap ada kesempatan ia hanya menyatakan harga John hanya 999.999 paunsterling alis tak mencapat 1 juta.


Mengenali Sosok Brian Clough yang Melabeli Francis Pemain Termahal


Nama Trevor John Francis mungkin masih gila ditelinga anda bung Manusia Satu Juta Paunsterling Di Britania Raya

Sumber : Bethut.com


Dibalik rekor transfer tersebut, sosok Brian Clough lah yang bertanggung jawab besar alasannya yaitu melabeli John sebagai pemain mahal di Britania Raya. Akan tetapi dalam setiap kesempatan ia pun bersikap biasa saja terhadap John. Seperti pada moment jumpa pers John Francis misalnya, Clough tiba mengenakan setelan olahraga sembari menenteng raket squash ditangannya. Seolah-olah kedatangan (John Francis) bukan hal yang besar.


Bahkan sebelum resmi melancarkan debutnya bersama Nottingham Forest, Brian memperlihatkan pesan kepadanya untuk mengoper bola ke rekan satu timnya, John Robertson, dengan komplemen alasannya yaitu John Robertson lebih baik dari John Francis. Tetapi menyerupai yang dibahas di atas, potensi John Francis kurang begitu bersinar bersama Nottingham Forest jadinya dua tahun setelanya ia dilego ke Manchester City dengan harga 1,2 juta paun meskipun sudah 2 kali menyumbang Trophy Liga Champions di tahun 1979 dan 1980.