Nilai Tukar Rupiah Melemah Hampir Mendekati 14.000 Dolar As

Posted by Ganas003 on 20.48 in ,

Mata uang Indonesia nampaknya sedang melempem, sampai menciptakan nilai tukar rupiah menjadi Rp 13.909, hampir mencapai Rp 14.000 per dolar AS. Tentu saja hal ini bukan informasi baik Bung. Melemahnya nilai tukar rupiah, karena pada Rabu sore, 25 April 2018, bergerak melemah sebesar 37 poin.


Faisyal selaku Analis Monex Investinfo Futures, menyampaikan sentimen yang menjadi perhatian para pelaku pasar uang yakni kenaikan vield Amerika Serikat bertenor 10 tahun yang telah melewati level 3 persen semenjak tahun 2014. Oleh alasannya yakni itu, kondisi ini membuka potensi adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu bersahabat menyerupai dikutip dari Tempo.co.


Pelemahan rupiah pun terjadi sejalan dengan mata uang di negara berkembang. Apalagi meningkatnya imbal hasil obligasi AS dan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi Bung. Maka dolar AS menjadi perhatian pelaku pasar.


“Rupiah bersama dengan mata uang emerging market mengalami tekanan alasannya yakni faktor itu,” kata analis Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada.


Melihat kondisi yang tidak baik ini, menciptakan Bank Indonesia melaksanakan intervensi untuk menahan tekanan rupiah lebih dalam. BI bakal menajaga fluktuasi atau naik turunnya nilai tukar sesuai dengan fundamental.


Kekhawatiran soal melemahnya nilai tukar rupiah juga menjadi perhatian pemerintah. Lantaran utang pemerintah dalam valuta gila mencapai US$ 109,6 miliar dari Rp 4.136 triliun total utang pemerintah dalam rupiah.


Kalau rupiah terus melemah bakal menjadi bahaya bagi Indonesia, apalagi bagi Bung yang seorang pengusaha. Lantaran ada beberapa materi baku yang mesti impor, otomatis harga tak lagi berkompromi menyerupai dulu. Bukan begitu, Bung?